Pandiangan, Sara Silpani (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK FARMASI PHARMACA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Cover.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Abstrak.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan BAB I.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
14. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 4111111022 Sara Silpani Pandiangan Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based-Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam soal cerita matematika pada materi pokok perbandingan, skala dan persen siswa SMK Farmasi Pharmaca Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based-Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam soal cerita matematika pada materi pokok perbandingan, skala dan persen. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-A SMK Farmasi Pharmaca Medan T.A. 2015/2016.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap pemecahan masalah siswa, kesulitan awal siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah, dan peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui model pembelajaran Problem Based-Learning melalui uji N-Gain bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang terjadi pada siklus I ke siklus II dilihat dari 4 indikator Polya, yaitu : langkah 1 (memahami masalah) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.276667 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.395238, langkah 2 (merencanakan penyelesaian masalah) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.211327 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.23, langkah 3 (pelaksanaan penyelesaian masalah) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.381293 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.39619, langkah 4 (pemeriksaan kembali) = rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0.230952 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0.288095, dan peningkatan TKPM secara keseluruhan yaitu siklus I sebesar 0,27 mengalami peningkatan siklus II sebesar 0,32. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based-Learning di SMK Farmasi Pharmaca Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi perbandingan, skala, dan persen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 021 |
Keywords: | Perbandingan; Skala; Persen; Sintaks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 17:35 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5208 |