Nasution, Ridha Novira (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE TAI PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA N 13 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113111063 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2 NIM 4113111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3 NIM 4113111063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4 NIM 4113111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5 NIM 4113111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6 NIM 4113111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM 4113111063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 4113111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9 NIM 4113111063 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13 NIM 4113111063 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14 NIM 4113111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT ) dan tipe Team Assisted Individualization ( TAI ) pada materi Statistika di kelas XI SMA N 13 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 13 Medan yang terdiri dari 6 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel terdiri dari dua kelas yang diambil dengan melakukan tes terhadap semua kelas XI IPA yaitu XI IPA 1sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan masing-masing jumlah sampel 45 orang dalam setiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda yang telah valid dengan jumlah soal sebanyak 10 butir soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar (posttes) siswa di kelas eksperimen I sebesar 72,22222, dan nilai rata-rata hasil belajar (posttes) siswa di kelas eksperimen II sebesar 64,6667. Hasil perhitungan uji normalitas nilai posttes siswa di kelas eksperimen 1 diperoleh Dmax = 0,1345 dan Dtabel = 0,198, karena Dmax < Dtabel yaitu 0,1345 < 0,198 maka sebaran data di kelas eksperimen 1 berdistribusi normal. Sedangkan di kelas eksperimen 2 diperoleh Dmax = 0,12627 dan Dtabel = 0,198. karena Dmax < Dtabel yaitu 0,12627 < 0,198 maka sebaran data di kelas eksperimen 2 berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,382 dan Ftabel = 1,648. Diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel yakni 1,382 < 1,648 maka kedua kelas homogen. Selanjutnya berdasarkan perhitungan uji statistik-t diperoleh nilai thitung = 2,5128 dan ttabel = 1,2953, thitung tidak berada dalam interval yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT ) dan tipe Team Assisted Individualization ( TAI ) pada materi statistika di kelas XI SMA N 13 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 016 |
Keywords: | Eksperimen ; Numbered Head Together ( NHT) ; Team Assisted Individualization ( TAI ) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 17:26 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5207 |