Khairi, Muhammad (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI SPLDV BAGI SISWA KELAS VIII DI MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 409311029 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2.NIM. 409311029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3.NIM. 409311029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4.NIM. 409311029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5.NIM. 409311029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6.NIM. 409311029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7.NIM. 409311029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8.NIM. 409311029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9.NIM. 409311029 BAB I.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
13.NIM. 409311029 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14.NIM. 409311029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi SPLDV dengan menerapkan Pendekatan Problem Posing di kelas VIII MTs Al-jami’yatul Wasliyah Tembung tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Al-jami’yatul Wasliyah, Tembung pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-jami’yatul Wasliyah Tembung, yang terdiri dari 4 kelas diambil satu kelas yang berjumlah 40 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing di Kelas VIII MTs Al-jami’yatul Wasliyah, Tembung Tahun Ajaran 2014 / 2015
Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi SPLDV saat dilakukan Pendekatan Problem Posing, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan Pendekatan Problem Posing.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,15 sudah berada pada kategori cukup baik dan pada siklus II hasil observasi proses pembelajaran yaitu 3,23 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan dimana pada tes kemampuan awal persentase ketuntasan hanya 20% (8 orang siswa) dengan rata-rata 50,6. pada siklus I meningkat menjadi 65% (26 orang siswa) dengan rata-rata 67,1 dan pada siklus II menjadi 95% (38 orang siswa) dengan nilai rata-rata 80,62 dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal (PKK) yaitu (≥65%). Dan berdasarkan data lembar kerja siswa (LKS) pada pertemuan I dan II di siklus I diperoleh 7 dari 8 kelompok yang tuntas dan pada pertemuan III di siklus II diperoleh 8 dari 8 kelompok yang tuntas. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa Pendekatan Problem Posing dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 MAT 031 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran; Problem Pasing; Persamaan Leniar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 00:18 |
Last Modified: | 12 May 2016 00:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5199 |