PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PORSEA T.A 2015/2016

Manurung, Sartika (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PORSEA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan Problem Posing Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Kelas VII SMP dan untuk melihat hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing di kelas VII SMP, serta untuk mengetahui kendalayang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran problem posing.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Porsea dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan siswa kelas VII-5 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran problem posing dengan masing – masing jumlah sampel per kelas adalah 40 orang siswa.
Dari hasil penelitian ini diperoleh rata – rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri adalah ¯(X_1 ) = 72,78 dan standart deviasi (SD) = 7,15 dan rata – rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing adalah¯(X_1 ) = 69,50 dan standart deviasi (SD) = 7,05. Pada uji t pihak kanan dengan dk 78 dan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,667 dan thitung = 2,15 maka Ha diterima. Sehingga diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem posing khususnya pada materi pecahan.
Adapun kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan model pembelajaran problem posing adalah siswa yang masih belum terbiasa dengan cara belajar kelompok, waktu yang kurang memadai untuk setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusi kelompok, guru kesulitan dalam memfasilitasi setiap kelompok ketika diskusi, siswa yang belum terbiasa belajar dengan menggunakan LKS, dan siswa yang masih kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 002
Keywords: Hasil Belajar; Model Inkuiri;; Model Problem Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 00:04
Last Modified: 12 May 2016 00:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item
View Item