Sembiring, Dian Alfrica (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE MENCATAT PETA PIKIRAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PECAHAN DI SMP SWASTA LETJEN JAMIN GINTING’S BERASTAGI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
Cover.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
kata pengantar.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mencatat Peta Pikiran terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi Pecahan di SMP Swasta Letjen Jamin Ginting’s Berastagi T.A 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Letjen Jamin Ginting pada tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-B sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mencatat Peta Pikiran dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran Ekspositori.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postest, sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes hasil belajar pada materi pecahan.
Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,31 > 1,667 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mencatat Peta Pikian lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Ekspositori.
Berdasarkan hasil perhitungan data postes siswa diperoleh pada dk 60 dan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,31 dan ttabel = 1,667. Karena (3,31 > 1,669) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mencatat Peta Pikiran terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 012 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Matematika; Materi Pecahan; Peta pikiran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 23:06 |
Last Modified: | 11 May 2016 23:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5193 |