Dalimunthe, Dian Rahmad Fadly (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MAKE A MATCH DI SMP SWASTA KRAKATAU MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 409311010 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 409311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM 409311010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 409311010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 409311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 409311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 409311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 409311010 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 409311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM 409311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
11. NIM 409311010 BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
15. NIM 409311010 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
16. NIM 409311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VIII SMP Swasta Krakatau Medan, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Krakatau Medan, dan untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VIII SMP Swasta Krakatau Medan Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas di kelas VIII yang dipilih secara random. Kelas eksperimen I yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Make A Match. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes essay untuk melihat kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktiviitas belajar siswa, dan menganalisis isi lembar jawaban siswa untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa. Sebelum digunakan, tes dan lembar observasi telah diujicobakan kepada siswa dan guru SMP Swasta Krakatau Medan dan Dosen Jurusan Matematika UNIMED.
Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,233 dan ttabel = 2,0021. Nilai thitung ˃ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VIII SMP Swasta Krakatau Medan, analisa data aktivitas siswa diperoleh nilai thitung = 4,623 dan ttabel = 2,0021. Nilai thitung ˃ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Krakatau Medan, dan analisa lembar jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen I dan eksperimen II sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap aspek pemecahan masalah pada setiap butir soal.
Kepada guru matematika dapat menjadikan model kooperatif tipe NHT sebagai alternative yang baik dalam mengasah kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa. Kepada peneliti berikutnya agar melakukan penelitian yang serupa pada materi dan kelas berbeda untuk kemajuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 042 |
Keywords: | Luas Permukaan Kubus; Volume Balok; Volume kubus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 19:48 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5187 |