PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MAKE A MATCH DI SMP SWASTA KRAKATAU MEDAN

Dalimunthe, Dian Rahmad Fadly (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MAKE A MATCH DI SMP SWASTA KRAKATAU MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 409311010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 409311010 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 409311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 409311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 409311010 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 409311010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 409311010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 409311010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 409311010 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 409311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 409311010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 409311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 409311010 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 409311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 409311010 DAFTAR BAGAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 409311010 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 409311010 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
9. NIM 409311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 409311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
10. NIM 409311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 409311010 BAB I.pdf]
Preview
Text
11. NIM 409311010 BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 409311010 BAB V.pdf]
Preview
Text
15. NIM 409311010 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM 409311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
16. NIM 409311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VIII SMP Swasta Krakatau Medan, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Krakatau Medan, dan untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VIII SMP Swasta Krakatau Medan Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas di kelas VIII yang dipilih secara random. Kelas eksperimen I yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan model kooperatif tipe Make A Match. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes essay untuk melihat kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktiviitas belajar siswa, dan menganalisis isi lembar jawaban siswa untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa. Sebelum digunakan, tes dan lembar observasi telah diujicobakan kepada siswa dan guru SMP Swasta Krakatau Medan dan Dosen Jurusan Matematika UNIMED.
Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,233 dan ttabel = 2,0021. Nilai thitung ˃ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VIII SMP Swasta Krakatau Medan, analisa data aktivitas siswa diperoleh nilai thitung = 4,623 dan ttabel = 2,0021. Nilai thitung ˃ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dan Make A Match di kelas VII SMP Swasta Krakatau Medan, dan analisa lembar jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen I dan eksperimen II sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap aspek pemecahan masalah pada setiap butir soal.
Kepada guru matematika dapat menjadikan model kooperatif tipe NHT sebagai alternative yang baik dalam mengasah kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa. Kepada peneliti berikutnya agar melakukan penelitian yang serupa pada materi dan kelas berbeda untuk kemajuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 042
Keywords: Luas Permukaan Kubus; Volume Balok; Volume kubus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 May 2016 19:48
Last Modified: 11 May 2016 19:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item
View Item