Octavia, Esther Putri (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 1 BANDAR T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 4113111027 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
NIM 4113111027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
NIM 4113111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
NIM 4113111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
NIM 4113111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
NIM 4113111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
NIM 4113111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
NIM 4113111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
NIM 4113111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
NIM 4113111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM 4113111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Bandar dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes tertulis dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar pertanyaan wawancara, lembar observasi, tes pemahaman konsep, dan angket minat belajar. Validitas instrument diproses melalui expert judgement dari dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila nilai rata-rata pemahaman konsep dan minat belajar siswa meningkat dari pratindakan, siklus I, dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 56,5 meningkat menjadi 71 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84 pada siklus II. Selain itu nilai rata-rata persentase minat belajar matematika siswa pada saat pratindakan 62,525% meningkat menjadi 81,175% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87,875% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 043 |
Keywords: | Pemahaman konsep; Minat belajar; Teams Games Tournament (TGT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 19:48 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5186 |