Sitorus, Hevrin Eliazer (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
FILE 1 JUDUL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
FILE 2 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
FILE 3 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
FILE 4 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
FILE 5 kATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
FILE 6 dAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
FILE 7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
FILE 8 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
FILE 9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
FILE 10 BAB 1.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
FILE 14 BAB 5.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
FILE 15 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus kelas X semester I di SMA Budi Murni 1 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X2 yang terdiri dari 38 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dan kelas X1 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 pilihan jawaban, yang telah dinyatakan valid oleh dua orang dosen fisika sebagai validator, dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 32,98 dan 32,55, dan standar deviasi masing-masing 9,03 san 9,10. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 74,91 dan 63,33, dengan standar deviasi masing-masing 10,92 dan 11,52. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,41 > 1,69 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dan aktivitas rataan siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 58,78%, 67,51%, dan 70,97%. Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus kelas X semester I di SMA Budi Murni 1 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 005 |
Keywords: | Problem Solving; Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 19:28 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5177 |