Purba, Kristiovani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113121032 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4113121032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3 NIM 4113121032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4 NIM 4113121032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5 NIM 4113121032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6 NIM 4113121032 TABLES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7 NIM 4113121032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 NIM 4113121032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9 NIM 4113121032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13 NIM 4113121032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14 NIM 4113121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar, serta untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar fisika siswa selama penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan ada 2, yaitu tes hasil belajar bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel, dan angket kesulitan belajar siswa yang terdiri dari 6 aspek. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 25,25 dan kelas kontrol 25,00. Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,63 dan kelas kontrol 69,25. Berdasarkan hasil angket kesulitan belajar, siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari fisika pada aspek membaca grafik (69,6%), menulis kesimpulan (73,1%), memahami materi fisika (71,1%), matematika (75,6%), penyelesaian masalah fisika (67,2%), dan aspek memusatkan perhatian dalam proses pembelajaran (74,5%). Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung 4,373 sedangkan ttabel dengan α = 0,05 dan dk = 78 adalah 1,994 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kinematika Gerak Lurus di kelas X semester I SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar lebih mampu dalam membimbing siswa, menguasai kelas dan membuat manajemen waktu untuk praktikum dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 001 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Hasil Helajar; Kesulitan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 19:23 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5176 |