Zebua, Wahyu Kristiani N (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DIKELAS X SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4101121034 COVER .pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2.NIM 4101121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3.NIM 4101121034 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4.NIM 4101121034 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
5.NIM 4101121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6.NIM 4101121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7.NIM 4101121034 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8.NIM 4101121034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9.NIM 4101121034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10.NIM 4101121034 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14.NIM 4101121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
15.NIM 4101121034 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester I pada materi pokok Gerak Lurus di Kelas X SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/ 2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 111 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essay tes dengan jumlah 10 soal dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,81 dengan standar deviasi 13,81, dan nilai rata-rata kelas kontrol 44,05 dengan standar deviasi 11,01. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,0736 dan Ltabel = 0,1457, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0785, dan Ltabel = 0,1457, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,57 dan Ftabel = 1,74 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama perlakuan diberikan, diperoleh aktivitas siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata – rata 72,03% kategori aktif dan aktivitas siswa pada kelas kontrol memiliki nilai rata – rata 59,81 dengan kategori cukup aktif. Setelah perlakuan diberikan, diperoleh nilai rata - rata postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,05 dengan standar deviasi 10,91dan kelas kontrol 68,81 dengan standar deviasi 10,60. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel = 1,66, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X semester I SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 006 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Hasil Belajar Fisika; Gerak Lurus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:43 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5168 |