Appryanty P, Monika (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 8 Subtema 1 Kelas IV Di SD Negeri 105351 Bakaran Batu T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 118311115_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1183111154_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
3. NIM. 1183111154_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1183111154_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 1183111154_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM. 1183111154_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM. 1183111154_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183111154_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
9. NIM. 1183111154_BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM. 1183111154_BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 1183111154_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi olreh rendahnya hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas IV di SD Negeri 105351 Bakaran Batu T.A. 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Pre - Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas IVA yang berjumlah 36 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa yang benbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan hipotesis yaitu uji-t dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan nilai rata-rata pada pretest yaitu sebesar 49,31 sedangkan pada data posttest memiliki rata-rata sebesar 79,86. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan signifikan α = 0,05 dengan db (n-1 = 35) maka diperoleh ttabel sebesar 1,689. Sehingga kriteria penarikan kesimpulannya yaitu thitung > ttabel yaitu 5,916 > 1,689. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa tema 8 subtema 1 kelas IV SD Negeri 105351 Bakaran Batu T.A. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:21 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51655 |