Alamsyah, Teuku (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SAINTIFIK DAN PEMANFAATAN MEDIA KIT IPA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 050783 SALAHAJI. Masters thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri saintifik (scientific inquiry) dan pemanfaatan media KIT IPA terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 050783 dibandingkan model pembelajaran langsung (direct instruction). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 050783 Salahaji sebanyak 2 kelas dan tiap kelas sebanyak 32 siswa. Sampel dalam penelitian sebanyak 2 kelas atau merupakan total unit populasi. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri saintifik dan pemanfaatan media KIT IPA, sedangkan satu kelas lainnya sebagai kelas pengontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Pengujian reliabilitas tes dilakukan pada butir-butir soal yang dinyatakan valid yaitu sebanyak 27 soal. Hasil analisis reliabilitas tes diperoleh r11 sebesar 0,897 yang berarti 27 soal yang valid dinyatakan reliabel atau tingkat kepercayaan tergolong tinggi. Teknik analisis menggunakan uji t atau uji Independent Sampel T-Test dengan bantuan program SPSS 16.0.Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri saintifik dan pemanfaatan media KIT IPA memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar sains siswapada materi perubahan wujud benda dibandingkan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan thitung = 4,351 dan p = 0,000. Hasil analisis diperoleh hasil belajar IPA siswa yang diajarkan model pembelajaran inkuiri saintifik dan pemanfaatan media KIT IPA pada materi perubahan wujud benda tergolong kategori tinggi dengan rata-rata gain skor (tingkat pemahaman konsep) sebesar 0,73 dengan standar deviasi sebesar 0,099. Hasil belajar belajar IPAsiswa setelah diajarkan dengan model pembelajaran langsung tergolong pada kategori sedang dengan rata-rata gain skor sebesar 0,61 dengan standar deviasi sebesar 0,122. Ranah kognitif siswa kelas eksperimen yang berkembang setelah diajarkan model pembelajaran inkuiri saintifik dan pemanfaatan media KIT IPAadalah C1 sebesar 77,5% (tinggi); C2 sebesar 72,4% (tinggi); C3 sebesar 71,3% (tinggi); dan C4 sebesar 72,1% (tinggi).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ala e |
Keywords: | Efektifitas; Hasil belajar; Pendidikan IPA; Model pembelajaran; Pengajaran inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 17:54 |
Last Modified: | 10 May 2016 17:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5160 |