Ningsih, Nurmada (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT ELEKTRONIK BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER PADA MATERI TEKS PERSUASI KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173311052 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 2173311052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
3. NIM 2173311052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 2173311052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM 2173311052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
6. NIM 2173311052 LIST OF TEBLE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 2173311052 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8. NIM 2173311052 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 2173311052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
10. NIM 2173311052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
13. NIM 2173311052 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
15. NIM 2173311052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari masalah kurangnya bahan ajar yang disediakan oleh sekolah hanya menggunakan bahan ajar cetak, karena bahan ajar yang tidak bervariasi sehingga pembelajaran terasa membosankan bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan bahan ajar yang menarik yang harus disusun sesuai dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar sehingga menghasilkan produk bahan ajar berbentuk handout elektronik berbantuan flip book maker pada meteri teks persuasi kelas VIII di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan, (2) mendeskripsikan kelayakan handout elektronik sebagai bahan ajar materi teks persuasi di kelas VIII di SMP Negeri 6 Percut sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall 10 langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hasil produk. Adapaun hasil penelitian ini ialah telah dihasilkan produk bahan ajar berbentuk handout elektronik berbantuan flip book maker pada materi teks persuasi kelas VIII dengan persentase kelayakan 84,76% dari ahli materi dan termasuk kategori sangat layak, nilai kelayakan menurut ahli desain ialah 81,42 % dan termasuk kategori sangat layak, selanjutnya respon guru bidang studi ialah 91.42% dan termasuk kategori sangat layak, serta 74.11% berdasarkan respon siswa dan termasuk dalam kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar handout elektornik berbantuan flip book maker materi teks persuasi layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Handout Elektronik, Flip Book Maker, Teks Persuasi, Model Borg and Gall. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:55 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51584 |