Siburian, Minati S (2021) KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA DAN TATA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA N 1 PARANGINAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2172111016 COVER.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
2. NIM 2172111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM 2172111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM 2172111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
5. NIM 2172111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM 2172111016 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 2172111016 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
8. NIM 2172111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 2172111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (833kB) | Preview
13. NIM 2172111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
14. NIM 2172111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi penguasaan kosakata dan penguasaan tata bahasa terhadap menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Paranginan. Sampel penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi, yaitu 54 siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional (ex post facto). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Penulis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dalam pengujian instrumen tes. Penulis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan persamaan regresi berganda dalam menganalisis data. Penguasaan kosakata siswa termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 70. Siswa dengan kategori rendah sebanyak 10 orang (18,5%), kategori nilai sedang sebanyak 35 orang (64,8%), kategori nilai tinggi sebanyak 9 orang (16,6%). Penguasaan tata bahasa siswa termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 66. Siswa dengan kategori rendah sebanyak 10 orang (18,5%), kategori nilai sedang sebanyak 34 orang (62,9%), kategori nilai tinggi sebanyak 10 orang (18,5%). Kemampuan menulis teks eksposisi siswa termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 70. Kemampuan menulis teks eksposisi siswa yang berada dalam kategori sangat mampu sebanyak 27 siswa (50%), kategori mampu sebanyak 21 siswa (38,8%) dan kategori cukup mampu sebanyak 6 siswa (11,1%).Diperoleh nilai (0,031) < nilai sig 0,05 dengan nilai sebesar 0,738 dengan kontribusi sebesar 12,8%. Disimpulkan bahwa penguasaan kosakata dan tata bahasa memiliki kontribusi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kosakata, Tata Bahasa, dan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:09 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51578 |