Harahap, Adrini Novianti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS V SD NEGERI 064996 MEDAN MARELAN. Masters thesis, UNIMED.
1. cover.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2.Lembar Pengesahan dan persetujuan.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4.Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar kemampuan menulis deskripsi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tematik dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Perbedaan hasil belajar kemampuan menulis deskripsi siswa antara kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064996 Medan Marelan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064996 tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas Va yang berjumlah 30 siswa dan Vb yang berjumlah 30 siswa sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 60 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data adalah tes kemampuan menulis deskripsi siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar bahasa indonesia antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran tematik lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan mode pembelajaran langsung berdasarkan data yang diperoleh nilai rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia dengan model pembelajaran tematik (33,00) lebih tinggi daripada hasil belajar bahasa Indonesia dengan model pembelajaran langsung (26,867), (2) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah didukung dengan diperolehnya rata-rata nilai hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi (32,967) lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata nilai hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (27,500) (3) adanya interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar, setelah diuji lanjut (uji tuckey) terjadi interaksi yang menunjukkan bahwa nilai μ_11 dengan μ_12 (11,201) lebih tinggi dari F_tabel(2,83). Hal ini sangat sesuai dengan yang telah dikemukakan dalam kerangka berpikir sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis statistik dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diperoleh dengan model pemebalajaran tematik lebih tinggi dari hasil belajar yang diperoleh dengan model pembelajaran langsung, serta hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah. Serta terdapatnya interaktsi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 Har p |
Keywords: | Menulis deskripsi; Aktivitas belajar; Model pembelajaran tematik; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2016 23:37 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5156 |