Melina, Khairatun (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI SEL PADA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN MEDIA POWERPOINT DI SMA NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181141002 COVER.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
2. 4181141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 4181141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 4181141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 4181141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 4181141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 4181141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 4181141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
9. 4181141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 4181141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
14. 4181141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar materi sel pada kelas yang diajarkan menggunakan media powerpoint dan kelas yang diajarkan menggunakan media video animasi, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media video animasi dengan media powerpoint di SMA Negeri 9 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 siswa yang terdiri atas 2 kelas. Data penelitian didapatkan dengan pemberian pretes dan postes berupa soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Analisis data penelitian menggunakan uji hipotesis statistik uji t Paired Sampel T-Test. Hasil penelitian ini yaitu pada kelas yang diajarkan menggunanakan media powerpoint mendapatkan hasil belajar dengan nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 85 dengan rata-rata pretes 33,4 dan postes 60,4, sedangkan pada kelas yang diajarkan dengan media video animasi mendapatkan hasil belajar dengan nilai terendah 15 dan nilai tertingi 100 dengan rata-rata pretes 36,4 dan postes 85,1.Hasil pengujian hipotesis statistik uji t Paired Sampel T-Test untuk N = 35, df = 34, dan taraf signifikansi 5% mendapatkan hasil Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar materi sel pada siswa yang diajarkan menggunakan media video animasi dengan media powerpoint di SMA Negeri 9 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Materi Sel; Animasi; Media |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 02:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51558 |