Hastina, Nina (2015) PENGARUH PENDEKATAN PROSES DENGAN MEDIA GAMBAR DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS V SDN 054866 SIDOMULYO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182037 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8136182037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NIM. 8136182037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 8136182037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 8136182037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8136182037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 8136182037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8136182037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM. 8136182037 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8136182037 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 8136182037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Kemampuan menulis puisi antara kelompok siswa yang diajar dengan pendekatan proses menggunakan media gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan pendekatan tradisional.(2) Kemampuan menulis puisi antara kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kreativitas rendah. (3) Interaksi antara pendekatan proses menggunakan media gambar dan kreativitas siswa terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitian 2 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VB diajarkan dengan pendekatan proses dengan media gambar dan kelas VA Diajarkan dengan pendekatan tradisional tanpa media gambar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan menulis teks puisi bebas dan lembar angket kreativitas berfikir siswa. Teknik analisis menggunakan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh : (1) Terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang diajar menggunakan pendekatan proses dengan media gambar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan tradisional tanpa media hasil analisis varians kedua pendekatan menunjukkan F hitung sebesar 2.10 > dari harga F tabel 1.86 pada taraf signifikansi α 0.05 sehingga H0 ditolak. (2) Terdapat Perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang memiliki kreativitas tinggi. Hasil analisis varians kedua pendekatan menunjukkan F hitung sebesar 43 > F tabel 1.86 pada taraf signifikansi α 0.05 sehingga H0 ditolak. (3) Terdapat interaksi antara pendekatan proses dengan media gambar dan kreativitas berfikir siswa dalam mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa. Berdasarkan hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa F hitung sebesar 29 > F tabel 1.86 pada taraf signifikansi α 0.05 sehingga H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.62 Has p |
Keywords: | Menulis puisi; Media gambar; Pendekatan proses |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2016 23:31 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5155 |