Siadari, Oci (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI SEMSTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4113121048 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
02. 4113121048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
03. 4113121048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
04. 4113121048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
05. 4113121048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
06. 4113121048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
08. 4113121048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
09. 4113121048 BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. 4113121048 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. 4113121048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P. 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model Pembelajaran Inquiry Training dan kelas XI IPA 1 dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 15 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan , yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari analisis data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 45,33 dengan standar deviasi 14,08 dan rata-rata postes 82,67 dengan standar deviasi 10,25, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol 44,51 dengan standar deviasi 13,06 dan rata-rata nilai postes 76,40 dengan standar deviasi 11,83. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normaldan varians kedua kelas homogen. Hasil pengujian menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,38 dan ttabel =1,996, sehingga thitung > ttabel (2,38> 1,996) artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester II SMA Negeri 10 Medan TP. 2014/2015. Aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan juga meningkat. Jadi, aktivitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 002 |
Keywords: | Pembelajaran Inquiry Training; Hasil belajar; Aktivitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2016 22:57 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5151 |