PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI SEMSTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2014/2015

Siadari, Oci (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI SEMSTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 4113121048 COVER.pdf]
Preview
Text
01. 4113121048 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 02. 4113121048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. 4113121048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 03. 4113121048 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. 4113121048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 04. 4113121048 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. 4113121048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 05. 4113121048 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. 4113121048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 06. 4113121048 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
06. 4113121048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 08. 4113121048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. 4113121048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 09. 4113121048 BAB I.pdf]
Preview
Text
09. 4113121048 BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4113121048 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 4113121048 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4113121048 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 4113121048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P. 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model Pembelajaran Inquiry Training dan kelas XI IPA 1 dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 15 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan , yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari analisis data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 45,33 dengan standar deviasi 14,08 dan rata-rata postes 82,67 dengan standar deviasi 10,25, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol 44,51 dengan standar deviasi 13,06 dan rata-rata nilai postes 76,40 dengan standar deviasi 11,83. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normaldan varians kedua kelas homogen. Hasil pengujian menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,38 dan ttabel =1,996, sehingga thitung > ttabel (2,38> 1,996) artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester II SMA Negeri 10 Medan TP. 2014/2015. Aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan juga meningkat. Jadi, aktivitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 002
Keywords: Pembelajaran Inquiry Training; Hasil belajar; Aktivitas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 May 2016 22:57
Last Modified: 09 May 2016 22:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item
View Item