Ritonga, Soybatul Aslamiah (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SDN 112165 AEK NABARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182050_COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 8136182050_PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 8136182050_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8136182050_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 8136182050_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8136182050_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8136182050_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136182050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8136182050_BAB I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 8136182050_BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM. 8136182050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan sosial pada pelajaran IPS siswa kelas IV SDN 112165 Aek Nabara? Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN 112165 Aek Nabara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data observasi. Hasil penelitian diperoleh: (1) pada aktivitas belajar siswa persentase siswa yang aktif secara klasikal siklus I pertemuan I sebesar 0% dan pada pertemuan II sebesar 20%. Kemudian pada siklus II pertemuan I sebesar 75% dan pada pertemuan II sebesar 90%; (2) pada keterampilan sosial siswa persentase siswa yang aktif secara klasikal siklus I pertemuan I sebesar 60% memiliki keterampilan sosial rendah, sebesar 30% memiliki keterampilan sosial sedang, dan sebesar 10% memiliki keterampilan sosial tinggi. Pada pertemuan II sebesar 50% memiliki keterampilan sosial rendah, sebesar 20% memiliki keterampilan sosial sedang, dan sebesar 30% memiliki keterampilan sosial tinggi. Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan I sebesar 25% memiliki keterampilan sosial rendah, sebesar 10% memiliki keterampilan sosial sedang, sebesar 50% memiliki keterampilan sosial tinggi, dan sebesar 15% memiliki keterampilan sosial sangat tinggi. Pada pertemuan II sebesar 10% memiliki keterampilan sosial sedang, sebesar 30% memiliki keterampilan sosial tinggi, dan sebesar 60% memiliki keterampilan sosial sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa bahwa siklus selanjutnya tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan sosial pada pelajaran IPS siswa kelas IV SDN 112165 Aek Nabara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Rit p |
Keywords: | Keterampilan sosial siswa; Pembelajaran IPS; Problem based learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2016 22:44 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5150 |