Wanhar, Fira Astika (2015) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 060790 MEDAN AREA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182018 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 8136182018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 8136182018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8136182018 PREFACE.doc.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 8136182018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 8136182018 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8136182018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8136182018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8136182018 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM. 8136182018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 8136182018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SDN 060790 Medan Area. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV SDN 060790 Medan Area. Data awal penelitian menggunakan nilai pretest yang menunjukkan rata-rata nilai 64,50. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil observasi aktivitas siswa dengan 14 orang (46,66%) yang dikatakan aktif dari 30 orang siswa dan meningkat pada siklus II menjadi 25 orang siswa (83,33%). Dari hasil observasi aktivitas siswa telah memperlihatkan peningkatan pada siklus II dan menunjukkan telah terpenuhinya ketuntasan aktivitas secara klasikal sebesar 71,87%. Sedangkan pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dimana dari rata-rata yang diperoleh dari post test siklus I yaitu 70,83 serta memiliki ketuntasan belajar siswa sebesar 53,33% (16 orang siswa) dan meningkat dihasil post test siklus II yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,16 dan memiliki ketuntasan belajar siswa sebesar 93,33% (28 orang siswa). Hal ini membuktikan bahwa siklus selanjutnya tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SDN 060790 Medan Area.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Wan p |
Keywords: | Aktivitas belajar; Problem based learning; Ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2016 22:39 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5148 |