Marbun, Jeklin (2022) Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP S HKBP Pardamean. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2171111018 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 2171111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
3. NIM 2171111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM 2171111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 2171111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM 2171111018 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 2171111018 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 2171111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 2171111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM 2171111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 2171111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami teks puisi pada siswa kelas VIII SMP S HKBP Pardamean. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta HKBP Pardamean Medan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan pada guru Bahasa Indonesia SMP Swasta HKBP Pardamean diketahui bahwa sisiwa kelas VIII SMP S HKBP Pardamean dalam memmahami teks puisi masih rendah. Untuk itu perlu adanya inovasi untuk mengembangkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik, salah satunya adalah dengan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jenis penelitian ini yaitu Pre-Eperimental Design (nondesign) metode One-group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII SMP S HKBP Pardamean dengan langkah awal memberikan prestest tanpa perlakuan setelah itu memberikan perlakuan yaitu strategi (DRTA) kemudian melakukan posttest dengan menggunakan srategi (DRTA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung=17,704 dan ttabel= 0,413 dengan taraf signifikasi 5%. Karena thitung > ttabel = maka H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami teks pusi SMP S HKBP Pardamean.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian Eksperimen; Strategi (DRTA); Pengaruh Strategi (DRTA) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51472 |