ARYA, DWI MENTARI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KOSMETIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MAHASISWA TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186122009 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8186122009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM. 8186122009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8186122009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8186122009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
6. NIM. 8186122009 TABELS.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7. NIM. 8186122009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8186122009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8186122009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 8186122009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 8186122009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan e-modul berbasis Discovery Learning pada mata kuliah Kosmetika Mahasiswa tata rias semester I Universitas Negeri Medan (2) mengetahui keefektifan e-modul berbasis Discovery Learning pada mata kuliah Kosmetika Mahasiswa tata rias semester I Universitas Negeri Medan.Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall model ini dipilih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Adapun subjek dari penelitian initerdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli model pembelajaran, dan sampel mahasiswa program studi pendidikan tata rias yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon mahasiswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (86,4%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (80,7%), (3) uji ahli model pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (97,35%). Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) e-modul berbasis Discovery Learning pada mata kuliah Kosmetika Mahasiswa tata rias semester I Universitas Negeri Medan layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang menggunakan e-modul Pembelajaran Kosmetika dengan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 9,65 Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttable = 1,167 sehingga thitung > ttable untuk hasil praktik diperoleh harga harga t hitung = 9,65, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttable = 1,167 sehingga thitung > ttable. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan media e-Modul Pembelajaran Kosmetika sebesar 85 %, Sedangkan Kelompok mahasiswa yang menggunakan buku teks sebesar 68%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan media e-Modul Pembelajaran Kosmetika lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa pada pembelajaran kosmetika daripada tanpa menggunakan media e-Modul Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.335 Ary p |
Keywords: | E-Modul Pembelajaran, Kosmetika. Discovery Learning |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT495 Human body and its parts. Personal beauty L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:10 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51457 |