Sibuea, Ayu Agustina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113121007 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4113121007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM 4113121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4. NIM 4113121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
5. NIM 4113121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
6. NIM 4113121007 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM 4113121007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM 4113121007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM 4113121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM 4113121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14.NIM 4113121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournaments) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari sepuluh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X7 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X8 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 33 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda 20 soal yang sudah divalidkan oleh validator. 2) Instrumen observasi Aktivitas belajar siswa.
Dari analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,3 dan kelas kontrol 46,4. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 68,8 dan pada kelas kontrol 60,8. Kedua data tersebut berasal dari populasi terdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung =0,97< ttabel = 1,99 thitung artinya kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol dan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung=2,01>ttabel=1,66 artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournaments) terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok besaran dan satuan kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Aktivitas rataan siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 52,79, 61,62, 68,08. Dari data yang diperoleh maka ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan aktivitas belajar pada materi pokok besaran dan satuan kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 014 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournaments); Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2016 22:09 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5145 |