Liiman, Monadia (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206171009 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. 8206171009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. 8206171009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
4. 8206171009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. 8206171009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. 8206171009 TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. 8206171009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. 8206171009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (962kB) | Preview
12. 8206171009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. 8206171009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, Buku Siswa, Tes Pemecahan Masalah Matematis dan Angket Disposisi Matematis. Pelaksanaan tahap pertama dilakukan pre- test dan post-test pada siswa kelas VIII-A dan pelaksanaan tahap kedua dilakukan pre-test dan post-test pada siswa kelas VIII-B SMP Gajah Mada Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran Contextual Teaching and Learning meliputi BS, LKPD, TKPMM, Angket Disposisi Matematis yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan diperoleh bahwa: perangkat dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrumen perangkat baik; (3) Keefektifan Perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan menunjukkan ketuntasan klasikal pre-test siswa pada uji coba I sebesar 16,67% dan post-test 79,17%. Sedangkan pre-test siswa pada uji coba II sebesar 20,83% dan post-test 87,50%, lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan lebih dari 85% setiap komponen keterlibatan siswa menunjukkan siswa aktif dalam pembelajaran; (4) Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yang dikembangkan meningkat dengan skor N-gain 0,57 untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan 0,56 untuk disposisi matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.160 72 Lii p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:17 |
Last Modified: | 30 May 2023 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51383 |