Br. Ginting, Atania Christianti (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA KARO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 BERASTAGI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206171008 COVER.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
2. 8206171008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 8206171008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
4. 8206171008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. 8206171008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
6. 8206171008 TABLES.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
7. 8206171008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
8. 8206171008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
12. 8206171008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. 8206171008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berkualitas yang valid, praktis dan efektif, yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning dengan Konteks Budaya Karo (CTL-KBK) untuk kelas VII SMP Negeri 1 Berastagi; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK 3) Menganalisis peningkatan Self-Efficacay siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefenisisan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (TKPMM) dan Angket Self-Efficacay siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK dilihat dari nilai N-gain pada hasil penyebaran sebesar 0,49 yang berada pada kategori “sedang”. 3) Terdapat peningkatan pencapaian Self-Efficacay siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK dilihat dari nilai N-gain pada hasil penyebaran sebesar 0,47 yang berada pada kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Gin p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, CTL-KBK, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-Efficacay Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51377 |