PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA KARO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 BERASTAGI

Br. Ginting, Atania Christianti (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN KONTEKS BUDAYA KARO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 BERASTAGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8206171008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8206171008 COVER.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8206171008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8206171008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8206171008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8206171008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 4. 8206171008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8206171008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8206171008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8206171008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8206171008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8206171008 TABLES.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8206171008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8206171008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 8. 8206171008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8206171008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 12. 8206171008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8206171008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8206171008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8206171008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berkualitas yang valid, praktis dan efektif, yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning dengan Konteks Budaya Karo (CTL-KBK) untuk kelas VII SMP Negeri 1 Berastagi; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK 3) Menganalisis peningkatan Self-Efficacay siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefenisisan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (TKPMM) dan Angket Self-Efficacay siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK dilihat dari nilai N-gain pada hasil penyebaran sebesar 0,49 yang berada pada kategori “sedang”. 3) Terdapat peningkatan pencapaian Self-Efficacay siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis CTL-KBK dilihat dari nilai N-gain pada hasil penyebaran sebesar 0,47 yang berada pada kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Gin p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, CTL-KBK, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-Efficacay Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:19
Last Modified: 15 Jul 2024 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51377

Actions (login required)

View Item
View Item