PENGEMBANGAN SENAM RITMIK TARIAN ETNIS SUMATERA UTARA “TASURA” UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Zalukhu, Febri Jaya (2023) PENGEMBANGAN SENAM RITMIK TARIAN ETNIS SUMATERA UTARA “TASURA” UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 6182111003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6182111003 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6182111003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6182111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6182111003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6182111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6182111003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6182111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6182111003 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6182111003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6182111003 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6182111003 TABELS.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6182111003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6182111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6182111003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6182111003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6182111003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6182111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6182111003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6182111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6182111003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6182111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model senam ritmik untuk siswa sekolah menengah pertama dan mengetahui kelayakan senam ritmik yang akan dikembangkan,senam ini
mengandung delapan tarian etnis sumatera utara yang membuat senam ini lebih menarik untuk siswa. Model senam ritmik yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru dan
siswa sebagai salah satu bentuk model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa dan menciptakan keefektifan saat proses pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa dalam
bergerak. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) Borg and Gall (1983:775) dengan langkah-langkah
penelitian sebagai berikut: (1)research and information collecting, (2)planning, (3)develop preliminary form of product, (4)preliminary field testing (5)main product revision, (6)main field testing, (7)operational product revision. Uji coba skala kecil dilaksanakan di SMP Negeri 1
Tarutung,dengan sampel sebanyak 30 siswa,diperoleh hasil analisis data 90,6% ”Sangat Layak”. Uji coba skala besar dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tarutung,dengan sampel sebanyak 40 siswa,diperoleh analisis data 97.6% ”Sangat Layak”.Instrumen pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner (angket).Teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran senam ritmik untuk siswa sekolah
menengah pertama yang dikemas dalam video. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi,ahli media,ahli tari,guru dan siswa sekolah menengah pertama,dapat ditarik kesimpulan pengembangan senam ritmik tarian etnis sumatera utara “Tasusra” untuk pembelajaran pendidikan jasmani tingkat sekolah menengah pertama ini dinilai baik dan efektif digunakan, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan “sangat layak” digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Senam Ritmik,Tarian, Research and Development,Kuantitatif
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:09
Last Modified: 18 Jan 2024 07:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51376

Actions (login required)

View Item
View Item