Hutagalung, Gira Berlian Gabriela (2022) PERANCANGAN MEDIA FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI DI SMK NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5183351013 COVER.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
2. 5183351013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (950kB) | Preview
3. 5183351013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
4. 5183351013 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
5. 5183351013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 5183351013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
7. 5183351013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
8. 5183351013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. 5183351013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
13. 5183351013 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Di SMK, penyesuaian kurikulum yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi isu utama (SMK). Perubahan kurikulum berdampak pada sumber daya pengajaran yang akan dihadapi siswa. Buku materi pengajaran dalam kurikulum terbaru Pusat Unggulan (PK) masih dalam proses publikasi, sehingga siswa kelas X belum memiliki sumber belajar resmi. Guru juga mencari bahan ajar online yang membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran mereka. Nilai kognitif harian siswa SMK tidak memenuhi KKM yang telah ditentukan akibat kurikulum ini mengalami perubahan. Penelitian dilakukan berdasarkan isu-isu tersebut di atas dan menghasilkan media pembelajaran sebagai alternatif sumber belajar dan bahan ajar yang belum ada. Hasil penelitian ini adalah terciptanya sebuah media pembelajaran yang dikenal dengan flipbook yaitu buku digital yang berbentuk seperti buku tradisional dan dapat dibolak-balik seperti buku cetak tetapi memiliki fasilitas seperti audio, video, gambar dan animasi lainnya. Sebagai gantinya, perangkat PC atau Android dapat digunakan untuk mengakses media flipbook ini. Sampel penelitian eksperimen semu terdiri dari siswa kelas X di TKJ 3 SMKN 9 Medan. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 90,17 setelah perlakuan, sedangkan nilai posttest kelompok kontrol adalah 67,43 tanpa perlakuan, menurut temuan. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 90,17 setelah perlakuan, sedangkan rata-rata nilai posttest kelompok kontrol adalah 67,43 tanpa perlakuan. Hasil uji T menunjukkan bahwa Hipotesis 1 benar. Hasil posttest uji T untuk kelas X TKJ 3 dan 1 memiliki nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari batas kritis 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran, Flip book, hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:46 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51330 |