Harahap, Frisca Zahrona Utami (2022) INOVASI SUMBER BELAJAR BERBASIS GUIDED INQURY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA PENGAJARAN ANALISIS KATION. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206142002 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 8206142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 8206142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 8206142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 8206142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 8206142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 8206142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 8206142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 8206142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 8206142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 8206142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui sumber belajar berbasis guided inquiry. Penelitian ini dilakukan selama masa pandemi covid-19 dengan 30 mahasiswa S1 jurusan kimia yang sedang mengikuti mata kuliah kimia analitik kualitatif. Tahapan pada penelitian meliputi analisys, design, development, dan impelementation. Kompetensi mahasiswa diperoleh dari penilaian kemampuan bepikir tingkat tinggi (HOTS) mahasiswa dari tiga aspek yaitu, analisis, kreasi, dan evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa melalui rubrik penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil belajar mahasiswa diperoleh dari instrument test berupa pilihan berganda. Sedangkan motivasi serta respon terhadap sumber belajar yang dikembangkan diperoleh melalui inttrumen non tes berupa angket. Sumber belajar yang dikembangkan telah mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dari segi kemampuan berpikir tingkat tinggi, hasil belajar, hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa, serta pendapat mahasiswa terhadap sumber belajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil peneitian diperoleh: (1) sumber belajar yang dikembangkan telah memenuhi standar BSNP (3.58±0.45); (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa tergolong sangta baik (85.07±1.70); (3) hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran analisis kation tergoong kategori sangat baik (83.16±4.82); (4) korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa tergolong positif (0.21); (5) respon mahasiswa terhadap sumber belajar yang dikembangkan tergolong kategori sangat baik (3.70).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 3 Har i |
Keywords: | Analisis kation, guided inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:36 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51327 |