PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KERJASAMA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA LKS DENGAN MEDIA PETA KONSEP MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Harmiana (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KERJASAMA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA LKS DENGAN MEDIA PETA KONSEP MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4111131007 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4111131007 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4111131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4111131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4111131007 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4111131007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4111131007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4111131007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4111131007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4111131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4111131007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4111131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4111131007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4111131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4111131007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4111131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4111131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4111131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4111131007 BAB V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4111131007 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 4111131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 NIM 4111131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa dan menumbuhkembangkan kerjasama yang dibelajarkan menggunakan media LKS dengan hasil belajar kimia siswa dan menumbuhkembangkan kerjasama yang dibelajarkan menggunakan media Peta Konsep pada materi Struktur Atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Rundeng yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu untuk kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing - masing kelas berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media LKS dan kelas eksperimen II menggunakan media Peta Konsep. Dari hasil penelitian untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata – rata pretes sebesar 31,09 dan nilai rata – rata posttest 82,65 sedangkan nilai rata – rata untuk kelas eksperimen II rata - rata nilai pretes sebesar 33,59 dan nilai rata – rata posttest adalah 77,34. Uji normalitas hasil belajar untuk kelas eksperimen I diperoleh X2hitung = 3,16 dan X2tabel = 11,07. Uji normalitas hasil belajar untuk kelas eksperimen I diperoleh X2hitung = 3,16 dan X2tabel = 11,07 sedangkan untuk kelas eksperimen II diperoleh X2hitung = 6,68 dan X2tabel = 11,07 . Sehingga X2hitung < X2tabel maka data kedua kelas eksperimen berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,17 dan Ftabel =1,825 sehingga Fhitung < F tabel maka data post-tes kedua kelompok sampel adalah homogen. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,8 dan ttabel = 1,999 sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Uji korelasi antara hasil belajar siswa dengan kerjasama siswa untuk kelas ekperimen I diperoleh rhitung = 252,3 dan rtabel = 0,349 sedangkan untuk ekserimen II diperoleh rhitung = 137,20 dan rtabel = 0,349. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar kimia dan menumbuhkembangkan kerjasama siswa menggunakan media LKS dengan media Peta Konsep melalui model Problem Solving pada materi Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 004
Keywords: Problem Solving;Struktur Atom;Peta Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 May 2016 22:11
Last Modified: 08 May 2016 22:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item
View Item