Hasanah, Frensi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM – HUKUM DASAR DAN PERHITUNGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113331015 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2 NIM 4113331015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3 NIM 4113331015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4 NIM 4113331015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5 NIM 4113331015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6 NIM 4113331015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7 NIM 4113331015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8 NIM 4113331015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
13 NIM 4113331015 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14 NIM 4113331015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media powerpoint lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada materi hukum – hukum dasar dan perhitungan kimia, bagaimana korelasi sikap kerjasama terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 1 Stabat, yang berjumlah 6 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,7866. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni 7,78 > 1,6671, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media powerpoint lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada materi hukum – hukum dasar dan perhitungan kimia di kelas X MIA SMA Negeri 1 Stabat yaitu 83% > 69% . Untuk korelasi, menunjukan korelasi positif antara sikap kerjasama siswa dalam kelompok dengan peningkatan hasil belajar yaitu r hitung > r tabel (0,70726 > 0,312) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 015 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Powerpoint; Kerjasama, hukum – hukum dasar;perhitungan kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 21:52 |
Last Modified: | 08 May 2016 21:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5131 |