Yosanda, Dwi Putri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGUNTUK MATA PELAJARAN GARDU INDUK (GI) KELAS XI TJTL SMK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5181131002 COVER.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
2. NIM. 5181131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5181131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (824kB) | Preview
4. NIM. 5181131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
5. NIM. 5181131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
6. NIM. 5181131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
7. NIM. 5181131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
8. NIM. 5181131002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM. 5181131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM. 5181131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. NIM. 5181131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui cara mengembangkan Audio Visual Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Mata Pelajaran Gardu Induk (GI) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (2) Mengetahui kelayakan Audio Visual pada model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (3) Mengetahui respon siswa terhadap Audio Visual pada model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan untuk siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini akan diuji coba dengan melibatkan siswa kelas XI Teknik Jaringan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan produk, kedua design yaitu menyusun garis besar, layout dan materi Audio Visual, Ketiga development yaitu mengembangkan produk yang sudah didesain untuk dilakukan validasi agar mendapatkan masukan oleh ahli media dan ahli materi. Keempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari pengguna (Siswa) terhadap Audio Visual yang telah dikembangkan. Kelima evaluation yaitu mengevaluasi Audio Visual berdasarkan beberapa masukkan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi dan angket respon pengguna. Hasil Penelitian ini diketahui : (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa Audio Visual pada model pembelajaran discovery learning. (2) Kelayakan Audio Visual ini didapatkan dari hasil validasi ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,7. Dan hasil validasi berikutnya didapatkan dari ahli media dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6. (3) Hasil respon pengguna terhadap Audio Visual ini dikategorikan “Sangat Baik” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 pasa siswa dalam kelompok kecil, 3,6 pada siswa dalam kelompok besar. Rekomendasi pada penelitian ini adalah Audio Visual dalam kegiatan pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi pada mata pelajaran lainnya sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Audio Visual, Discovery Learning, Gardu Induk |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 07:51 |
Last Modified: | 09 May 2023 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51302 |