Br. Ginting, Devi Royana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN 4C (CRITICAL HINKING, CREATIVE THINKING, COMMUNICATION, AND COLLABORATION) SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206176009 COVER.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
2. NIM 8206176009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. NIM. 8206176009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM 8206176009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. NIM 8206176009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM 8206176009 TABLES.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
7. NIM 8206176009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
8. NIM 8206176009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
9. NIM 8206176009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
13. NIM 8206176009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM 8206176009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Fisika merupakan bidang sains yang memberikan pengaruh yang luar biasa dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad ke-21. US-based Partnership for 21st Century Skill (P21) mengemukakan bahwa kompetensi yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia di abad 21 adalah: keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking Skills), keterampilan berpikir kreatif (Creative Thinking Skills), keterampilan komunikasi (Communication Skills), dan keterampilan kolaborasi (Collaboration Skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, keterampilan berpikir kreatif siswa, keterampilan komunikasi siswa, keterampilan kolaborasi siswa dan terhadap keterampilan 4C siswa. Jenis penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPS Batari Medan, sebanyak 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan tehnik sampling total. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen (kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash) dan satu kelas lagi dijadikan sebagai kelas kontrol (kelas yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional). Pengumpulan data variabel keterampilan berpikir kritis dan kreatif menggunakan instrumen tes soal uraian, varibel keterampilan komunikasi dan kolaborasi menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, kolaborasi dan keterampilan 4C siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Gin p |
Keywords: | berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, kolaborasi dan keterampilan 4C siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51301 |