PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN 4C (CRITICAL HINKING, CREATIVE THINKING, COMMUNICATION, AND COLLABORATION) SISWA

Br. Ginting, Devi Royana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN 4C (CRITICAL HINKING, CREATIVE THINKING, COMMUNICATION, AND COLLABORATION) SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8206176009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8206176009 COVER.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8206176009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8206176009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8206176009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8206176009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8206176009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8206176009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8206176009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8206176009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8206176009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8206176009 TABLES.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8206176009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8206176009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8206176009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8206176009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8206176009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8206176009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8206176009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8206176009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8206176009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8206176009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan bidang sains yang memberikan pengaruh yang luar biasa dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad ke-21. US-based Partnership for 21st Century Skill (P21) mengemukakan bahwa kompetensi yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia di abad 21 adalah: keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking Skills), keterampilan berpikir kreatif (Creative Thinking Skills), keterampilan komunikasi (Communication Skills), dan keterampilan kolaborasi (Collaboration Skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, keterampilan berpikir kreatif siswa, keterampilan komunikasi siswa, keterampilan kolaborasi siswa dan terhadap keterampilan 4C siswa. Jenis penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPS Batari Medan, sebanyak 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan tehnik sampling total. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen (kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash) dan satu kelas lagi dijadikan sebagai kelas kontrol (kelas yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional). Pengumpulan data variabel keterampilan berpikir kritis dan kreatif menggunakan instrumen tes soal uraian, varibel keterampilan komunikasi dan kolaborasi menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, kolaborasi dan keterampilan 4C siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Gin p
Keywords: berpikir kritis, berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, kolaborasi dan keterampilan 4C siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:47
Last Modified: 15 Jul 2024 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51301

Actions (login required)

View Item
View Item