Sinaga, Megawati Indah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI QR CODE GENERATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA TK SEKOLAH IMMANUEL KIDS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8196182014 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM.8196182014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM.8196182014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM.8196182014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM.8196182014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM.8196182014 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM.8196182014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM.8196182014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM.8196182014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
13. NIM.8196182014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14. NIM.8196182014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis tingkat validitas media pembelajaran berbasis aplikasi QR Code Generator yang dikembangkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris siswa TK Immanuel Kids Medan; (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi QR Code Generator yang dikembangkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris siswa TK; (3) Mengetahui tingkat efektifitas media pembelajaran berbasis aplikasi QR Code Generator yang dikembangkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris siswa TK Sekolah Immanuel Kids Medan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas B TK Immanuel Kids Medan sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner pre-test dan post-test proses belajar berbasis daring Bahasa Inggris berbasis aplikasi QR Code Generator. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil evaluasi belajar berbasis aplikasi media pembelajaran lebih baik dengan meningkatnya hasil belajar, meningkatnya tingkat antusiasme/kesukaan dan meningkatnya tingkat kepuasan belajar siswa (F-statistik = 45,43 dan nilai signifikan 0,00079 < 0,05). Hasil uji hipotesis menolak H0 dan menerima H1, yang berarti bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan belajar berbasis aplikasi QR Code Generator dalam pembelajaran Bahasa Inggris lebih tinggi dibandingkan metode konvensional yang selama ini digunakan di Sekolah TK Immanuel Kids Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.41 Sin p |
Keywords: | Media pembelajaran, metode pembelajaran, QR code generator, aplikasi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 01:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51249 |