PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI QR CODE GENERATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA TK SEKOLAH IMMANUEL KIDS MEDAN

Sinaga, Megawati Indah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI QR CODE GENERATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA TK SEKOLAH IMMANUEL KIDS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.8196182014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.8196182014 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.8196182014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.8196182014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.8196182014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.8196182014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.8196182014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.8196182014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.8196182014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.8196182014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.8196182014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.8196182014 TABLES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.8196182014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.8196182014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.8196182014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.8196182014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.8196182014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.8196182014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.8196182014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.8196182014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.8196182014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.8196182014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis tingkat validitas media pembelajaran berbasis aplikasi QR Code Generator yang dikembangkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris siswa TK Immanuel Kids Medan; (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi QR Code Generator yang dikembangkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris siswa TK; (3) Mengetahui tingkat efektifitas media pembelajaran berbasis aplikasi QR Code Generator yang dikembangkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris siswa TK Sekolah Immanuel Kids Medan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas B TK Immanuel Kids Medan sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner pre-test dan post-test proses belajar berbasis daring Bahasa Inggris berbasis aplikasi QR Code Generator. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil evaluasi belajar berbasis aplikasi media pembelajaran lebih baik dengan meningkatnya hasil belajar, meningkatnya tingkat antusiasme/kesukaan dan meningkatnya tingkat kepuasan belajar siswa (F-statistik = 45,43 dan nilai signifikan 0,00079 < 0,05). Hasil uji hipotesis menolak H0 dan menerima H1, yang berarti bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan belajar berbasis aplikasi QR Code Generator dalam pembelajaran Bahasa Inggris lebih tinggi dibandingkan metode konvensional yang selama ini digunakan di Sekolah TK Immanuel Kids Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.41 Sin p
Keywords: Media pembelajaran, metode pembelajaran, QR code generator, aplikasi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2023 01:09
Last Modified: 15 Jul 2024 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51249

Actions (login required)

View Item
View Item