Mariani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS VII SMPS JERISA MANDIRI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196182025 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8196182025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
3. NIM. 8196182025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8196182025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 8196182025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 8196182025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 8196182025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8196182025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8196182025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 8196182025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 8196182025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Pengaruh model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar PPKn kelas VII SMPS Jerisa Mandiri 2.Pengaruh motivasi belajar tinggi dengan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar PKn kelas VII SMPS Jerisa Mandiri 3.Interaksi antara penggunaan model pembelajaran TPS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn kelas VII SMPS Jerisa Mandiri.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan 18 Maret sampai 14 April 2022.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPS Jerisa Mandiri banyaknya 46 siswa yang ditentukan secara acak dengan teknik random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIIA sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dengan nilai rata-rata 85.17 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan rata-rata 79.45, hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 9.67 > nilai Ftabel sebesar 3.22 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0.00 < 0.05, sehingga H0 ditolak, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata 89.25 dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan rata-rata 77.00. Hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 0.00 > nilai Ftabel sebesar 6.48 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran TPS dan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 8.50 > nilai Ftabel sebesar 3.22 dan signifikansi 0.011 < 0.05, sehingga H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Mar p |
Keywords: | TPS; Motivasi Belajar; Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51213 |