Siregar, Saut H (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PARANGINAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111131021 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 4111131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
3. NIM 4111131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
4. NIM 4111131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
5. NIM 4111131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. NIM 4111131021 TABLES.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7. NIM 4111131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
8. NIM 4111131021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
9. NIM 4111131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
13. NIM 4111131021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4111131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan sebanyak lima kelas. Sampel penelitian berjumlah dua kelas yang diambil dengan tehnik sampling purposif. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe TAI, dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional(ceramah, tanya jawab, penugasan). Data yang diambil adalah peningkatan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk data peningkatan hasil belajar siswa adalah tes objektif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran daya pembeda, dan distruktor. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-pihak kanan. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (4,901 > 1,6749) pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 54. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Paranginan. Rata- rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 55% ± 0,0184 (kategori sedang) dan kelas kontrol adalah 35,6% ± 0,0074 (kategori rendah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 025 |
Keywords: | Team Assisted Individualization;Peningkatan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 19:14 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5121 |