Rarastika, Nur (2023) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8216182013 COVER.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
2. NIM. 8216182013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM. 8216182013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
4. NIM. 8216182013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
5. NIM. 8216182013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
6. NIM. 8216182013 TABLES.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
7. NIM. 8216182013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
8. NIM. 8216182013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
9. NIM. 8216182013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
13. NIM. 8216182013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
14. NIM. 8216182013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran matematika. Siswa yang memiliki pemahaman matematis dapat berpikir secara sistematis dan kritis dalam menghadapi sebuah persoalan. Sumber belajar yang mutakhir termasuk fasilitas yang mendukung peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satu bentuk sumber belajar tersebut adalah buku digital berbasis pendekatan metakognitif. Buku digital merupakan buku yang tersedia dalam wujud digital dan dapat menampilkan teks, gambar, serta video pembelajaran, kemudian pendekatan metakognitif merupakan upaya dalam menggunakan kemampuan merencanakan, mengontrol, mengevaluasi, dan merefleksi suatu hal, dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui validitas buku digital berbasis pendekatan metakognitif pada materi operasi hitung pecahan; (2) mengetahui praktikalitas buku digital berbasis pendekatan metakognitif pada materi operasi hitung pecahan; dan (3) mengetahui efektivitas buku digital berbasis pendekatan metakognitif pada materi operasi hitung pecahan.Penelitian ini dilakukan di SDN 104208 Cinta Rakyat, dengan subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran sebagai validator, guru kelas V sebagai penguji praktikalitas, serta siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VC sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan siswa, serta instrumen tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes, dengan teknik analisis data uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas untuk instrumen tes, dan uji normalitas serta paired sample t-test untuk uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar digital valid dengan kriteria sangat layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matemarika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.35 Rar p |
Keywords: | Pemahaman konsep matematika, buku digital, pendekatan metakogntif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:27 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51199 |