Wardani, Gita Dwi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN 15 LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206182003 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM 8206182003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8206182003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. NIM 8206182003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 8206182003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
2. NIM 8206182003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8206182003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 8206182003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM 8206182003 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 8206182003 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8206182003 PICTURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning menggunakan media audiovisual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. (2) pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui model pembelajaran Brain Based Learning menggunakan media audiovisual. (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning menggunakan media audiovisual dan model konvensional dengan tingkat motivasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian Quasi Experiment dengan menerapkan perlakuan (treatmen) model pembelajaran Brain Based Learning pada kelas Eksperimen (VB) dengan jumlah 28 orang, dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (VC) dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen yang digunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan lembar observasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji N-Gain dan ANAVA dua jalur yang menunjukkan bahwa : 1) Model Pembelajaran Brain Based Learning berbasis Media Audio Visual mempengaruhi Keterampilan Berfikir tingkat tinggi siswa dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05; 2) Motivasi mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) menggunakan media audiovisual dengan nilai sig 0,002 lebih kecil dari 0,05 dan; 3) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning menggunakan media audiovisual dengan tingkat motivasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan nilai signifikansi diperoleh 0,036 lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 War p |
Keywords: | brain based learning; media audiovisual; kemampuan berpikir tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:21 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51186 |