FADILA, KRISDA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJEK PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5183311013 COVER.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
2. NIM 5183311013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5183311013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
4. NIM 5183311013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
5. NIM 5183311013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
6. NIM 5183311013 TABLES.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
7. NIM 5183311013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
8. NIM 5183311013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
9. NIM 5183311013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5183311013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
14. NIM 5183311013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
Abstract
Pendidikan teknik banunan merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Teknik yang mempelajari cara merancang, membangun, merenovasi sebuah bangunan, jembatan, saluran air bawah tanah, struktur penahan longsong, dan lain-lain. Matakuliah konstruksi bangunan gedung merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan bobot 3 sks dimana capaian yang diharapkan dalam mata kuliah ini adalah Memiliki kemampuan merancang sistem dan infrastruktur bidang teknik sipil sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan berbagai kendala seperti kendala ekonomi, lingkungan, kesehatan dan keamanan.Begitu banyak dampak yang dihasilkan dari pandemi ini terutama kesehatan manusia dan menghambat aktivitas sehari-hari. Meski begitu dunia pendidikan masih berupaya dalam memutus rantai pesebaran Covid-19. Berdasarkan hasil observasi peneleti di lapangan mengenai rumah tanggap bencana masih banyak rumah yang tidak sesuai aturan yang ada didirikan. Pada dasamya rumah yang dibangun sudah memenuhi syarat yang ada walaupun tidak begitu sempuma namun masih dapat dikatan rumah layak huni. Yang menjadi permasalahan yang cukup serius adalah setelah rumah diberikan banyak masyrakat yang menambahkan bangunan awal namun tidak memenuhi syarat.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk bahan ajar berbasis projek pada
mata kuliah Konstruksi Bangunan Gedung. Penelitian ini mengacu pada metode pengembangan Borg and Gall dengan tahapan menganalisis potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi dan pelaporan. Bahan ajar yang dikembangkan berisi tentang materi karakteristik dan dsain rumah tanggap bencana disesuaikan dengan materi perkuliahan Konstruksi Bangunan Gedung dan bahan ajar ini bersifat projek.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran atau bahan ajar untuk dosen dan mahasiswa dalam proses kegiatan pembelajaran berdasarkan nilai rata• rata keseluruhan skor aspek ahli materi 1 sebesar 3,3 yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli materi 2 sebesar 3,9 yang termasuk kategori sangat baik dan rata• rata keseluruhan skor aspek oleh ahli media 3,6 kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Borg and Gall, Bahan Ajar, Projek, Pengembangan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:39 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51172 |