Ria, Nurlin Menara (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5173343034 COVER.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
2. NIM 5173343034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 5173343034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
3. NIM 5173343034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
5. NIM 5173343034 TABLE OF CONTENT'.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
6. NIM 5173343034 TABLES.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
7. NIM 5173343034 ILLUSTRATION'.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
8. NIM 5173343034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
9. NIM 5173343034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5173343034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
14. NIM 5173343034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran Macromedia Flash pada kompetensi titik dan garis tubuh untuk digunakan siswa kelas X Tata Busana SMK Pariwisata Imelda Medan,2)Untuk mengetahui tingkat kelayakan Media Macromedia Flash pada kompetensi titik dan garis tubuh layak untuk digunakan siswa kelas X Tata Busana SMK Pariwisata Imelda Medan. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting, media pembelajaran interaktif dapat dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan materi pembelajaran agar lebih menarik,dan efektif. Peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran menggunakan software Macromedia flash, dengan tujuan untuk memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan model ADDIE menurut Branch dalam (Sugiono 2016). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X tata busana SMK Pariwisata Imelda Medan. teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan angket atau kusioner. Validasi atau uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi memperoleh persentase skor rata-rata
91% materi telah valid, memenuhi standart kelayakan isi maupun penyajian materi, sedangkan validasi oleh ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan media 88% telah valid dan termasuk kategori “sangat layak” untuk digunakan. Hasil 3 tahap uji coba kelayakan media mengalami peningkatan persentase skor rata-rata pada setiap tahap uji coba,pada uji coba skala kecil 80%, skala sedang 82% hingga pada uji coba skala besar memperoleh persentase skor rata- rata 86% dengan kriteria “Sangat Layak”. Maka diperoleh kesimpulan media pembelajaran Macromedia flash yang memuat materi titik dan garis tubuh telah layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran pembuatan pola di kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Software Macromedia Flash, Hasil Materi Titik dan Garis Tubuh. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:50 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51144 |