BAKO, NUR VIASRI (2022) PENGEMBANGAN MATERI TEKS CERPEN DALAM E-MODUL BERBANTUAN SIGIL PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8186191002 COVER.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2. NIM 8186191002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM 8186191002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8186191002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 8186191002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM 8186191002 TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 8186191002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. NIM 8186191002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8186191002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM 8186191002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM 8186191002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan materi teks cerpen dalam e-modul berbantuan sigil pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan Brog and Gall. Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi 94,31% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian 92,71% pada kriteria sangat baik, dan kelayakan bahasa 88,88% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 97,91% pada kriteria sangat baik, (3) Uji coba kelompok perorangan 86,80% pada kriteria sangat baik, (4) Uji coba kelompok kecil 90,04% pada kriteria sangat baik, (5) Uji kelompok lapangan terbatas 92,12% pada kriteria sangat baik, (6) Keefektifan modul meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan posttest menunjukkan selisih dari pretest ke posttest nilai yang diperoleh 28,59% dengan rata-rata pretest 58,75% dan rata-rata posttest 87,34%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa materi teks cerpen dalam e-modul berbantuan sigil yang dikembangkan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan pada pembelajaran teks cerpen. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi dengan menggunakan e-modul berbantuan sigil sebagai sumber belajar di sekolah dan bagi siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks cerpen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | teks cerpen, e-modul, sigil. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:42 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51143 |