DAULAY, NOVITA SARI (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR POLA BUSTIER MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL SISWA KELAS XII TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDANs. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5151143017 COVER.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
2. NIM 5151143017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5151143017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (883kB) | Preview
4. NIM 5151143017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (993kB) | Preview
5. NIM 5151143017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5151143017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
7. NIM 5151143017 TABLES.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
8. NIM 5151143017 DIGRAM.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
9. NIM 5151143017 BAGAN.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
10. NIM 5151143017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
11. NIM 5151143017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
15. NIM 5151143017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
16. NIM 5151143017 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (983kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan yang dialami siswa dalam menggambar pola bustier karena terbatasnya variasi media pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih ada yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran Custome Made kompetensi Menggambar Pola Bustier. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran custome made kompetensi menggambar pola bustier di kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 8 Medan ; 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran custome made kompetensi menggambar pola bustier di kelas XII di SMK Negeri
8 Medan
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada penelitian pengembangan 4D, yang melalui beberapa tahap yaitu: 1) tahap pendefenisian (define), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) dan tahap penyebaran (desseminate). Pada tahap pengembangan (development), vieo tutorial divalidasi kelayakannya kepada 2 ahli materi dan 2 ahli media setelah itu dilanjutkan dengan melakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video tutorial dinyatakan layak dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) validasi oleh ahli materi menyatakan bahwa (93%) materi “sangat” baik digunakan karena telah memenuhi standar kelayakan isi materi (95%) “sangat” baik dan penyajian materi (91%) “sangat baik”. 2). Validasi oleh ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan (95%) media “sangat” baik dengan aspek kelayakan kualitas media (95%) “sangat baik” dan kelayakan penyajian visual media (95%) “sangat baik”.
3) uji coba kelompok kecil adalah ((95%)) dengan kriteria “sangat baik”, dan 4)
uji coba kelompok besar adalah (93,7%) dengan kriteria “sangat baik”.
Berdasarkan keseluruhan hasil persentase penilaian kelayakan, media pembelajaran video tutorial menggambar pola bustier termasuk dalam kategori layak sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran custome made di SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Menggambar pola bustier, Video Tutorial, Mata Pelajaran Custome Made |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:27 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51139 |