Panjaitan, Kayani (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA FABEL BERBANTUAN FILM ANIMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK ASSISI MEDAN T.P 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206192007 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. NIM. 8206192007 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8206192007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 8206192007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 8206192007 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 8206192007 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 8206192007 CHARTS.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM. 8206192007 PICTURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8206192007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 8206192007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
14. NIM. 8206192007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
15. NIM. 8206192007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan bahan ajar teks fabel berbantuan film animasi pada peserta didik kelas VII SMP Swasta Katolik Assisi Medan, (2) kelayakan bahan ajar teks cerita fabel berbantuan film animasi untuk peserta didik kelas VII SMP Swasta Katolik Assisi Medan, (3) keefektifan bahan ajar teks cerita fabel berbantuan film animasi untuk peserta didik kelas VII SMP Swasta Katolik Assisi Medan. Modul teks cerita fabel bebantuan film animasi dikembangkan dengan metode pengembangan yang diadaptasi dari Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan melalui tahap studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, validasi, dan uji coba produk. Uji kelayakan melalui validasi ahli materi, ahli desain dan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan uji keefektifan melalui hasil pretest dan posttest peserta didik dengan menggunakan Uji Gain sehingga diperoleh nilai rata-rata pretest peserta didik 60,94, skor terendah 45 dan skor tertinggi 70. Sedangkan nilai rata-rata posttest peserta didik 83,44 dengan skor terendah 75 dan skor tertinggi 95. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul teks cerita fabel berbantuan film animasi layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi teks fabel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 810.72 Pan p |
Keywords: | modul; teks fabel; film animasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51119 |