Damanik, Idaman Hosea (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113131027 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4113131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM 4113131027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 4113131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4113131027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM 4113131027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM 4113131027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 4113131027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 4113131027 BAB 1.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM 4113131027 BAB 5.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4113131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model TGT (Teams Games Tournament) dengan media Peta Konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan media Peta Konsep. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, serta reliabilitas. Harga r11 yang diperoleh sebesar 0,778 dan harga rtabel = 0,308. reliabilitas tes secara keseluruhan dapat dikatakan reliabel dikarenakan rhitung> rtabel. Kelas Eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Teams Games Tournament dengan menggunakan media Peta Konsep dan kelas Kontrol diberikan perlakuan menggunakan model Konvensional dengan menggunakan media Peta Konsep. Setelah dilakukan pretest dan posttest dan pengolahan data maka diperoleh χ2Hitung pre-test 10,26 dan χ2Hitung post-test 6,63 untuk kelas Eksperimen dan χ2Hitung pre-test 7,65 dan χ2Hitung post-test 3,01 untuk kelas kontrol serta nilai χ2Tabel sebesar 11,07. Karena χ2Hitung < χ2Tabel maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung menunjukkan angka yang lebih kecil dari pada Ftabel, yaitu 1,02 ˂ 1,71 untuk nilai pretes, 1,17 ˂ 1,71 untuk nilai postes, dan 1,490 < 1,71 untuk gain sehingga data homogen. Gain hasil belajar di kelas Eksperimen 0,83 (83 %), gain hasil belajar di kelas Kontrol 0,77 (77 %). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel α yaitu 3,370 > 1,667 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Teams Games Tournament dengan menggunakan media Peta Konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model Konvensional dengan menggunakan media Peta Konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 007 |
Keywords: | Hasil balajar; Media dan konsep; Hidrokarbon; Isomer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD701 Photochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 18:30 |
Last Modified: | 08 May 2016 18:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5111 |