PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 12 MEDAN

Damanik, Idaman Hosea (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA NEGERI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4113131027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4113131027 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4113131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4113131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4113131027 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4113131027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4113131027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4113131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4113131027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4113131027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4113131027 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4113131027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4113131027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4113131027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4113131027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4113131027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4113131027 BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4113131027 BAB 1.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4113131027 BAB 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4113131027 BAB 5.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4113131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4113131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model TGT (Teams Games Tournament) dengan media Peta Konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan media Peta Konsep. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, serta reliabilitas. Harga r11 yang diperoleh sebesar 0,778 dan harga rtabel = 0,308. reliabilitas tes secara keseluruhan dapat dikatakan reliabel dikarenakan rhitung> rtabel. Kelas Eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Teams Games Tournament dengan menggunakan media Peta Konsep dan kelas Kontrol diberikan perlakuan menggunakan model Konvensional dengan menggunakan media Peta Konsep. Setelah dilakukan pretest dan posttest dan pengolahan data maka diperoleh χ2Hitung pre-test 10,26 dan χ2Hitung post-test 6,63 untuk kelas Eksperimen dan χ2Hitung pre-test 7,65 dan χ2Hitung post-test 3,01 untuk kelas kontrol serta nilai χ2Tabel sebesar 11,07. Karena χ2Hitung < χ2Tabel maka data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung menunjukkan angka yang lebih kecil dari pada Ftabel, yaitu 1,02 ˂ 1,71 untuk nilai pretes, 1,17 ˂ 1,71 untuk nilai postes, dan 1,490 < 1,71 untuk gain sehingga data homogen. Gain hasil belajar di kelas Eksperimen 0,83 (83 %), gain hasil belajar di kelas Kontrol 0,77 (77 %). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel α yaitu 3,370 > 1,667 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Teams Games Tournament dengan menggunakan media Peta Konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model Konvensional dengan menggunakan media Peta Konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 007
Keywords: Hasil balajar; Media dan konsep; Hidrokarbon; Isomer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD701 Photochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 May 2016 18:30
Last Modified: 08 May 2016 18:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item
View Item