RAMADHANA, ANNISA NADYA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR ARAS TINGGI UNTUK KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206192002 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 8206192002 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8206192002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 8206192002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 8206192002 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6. NIM 8206192002 TABLES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM 8206192002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8206192002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
12. NIM 8206192002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
13. NIM 8206192002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan pengembangan produk berupa materi ajar menulis teks biografi berbasis aras tinggi untuk siswa kelas X SMA Miftahussalam Medan, (2) Mengetahui bentuk materi ajar menulis teks biografi berbasis kemamuan berfikir aras tinggi pada kelas X SMA Miftahussalam Medan, (3)Mengeksplorsi hasil pengujian produk secara deskriptif kuantitatif hasil validasi produk dari ahli materi dan ahli desain mengenai materi ajar menulis teks biografi berbasis aras tinggi untuk siswa kelas SMA Miftahussalam Medan, (4) Menguji keefektifan hasil produk materi ajar menulis teks biografi berbasis aras tinggi di SMA Miftahussalam Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model Brog dan Gall dengan perpaduan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Materi ajar ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam pengajaran berbasis teks sehingga teritegrasi dalam keterampilan bahasa. Kompetensinya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep yang akan ditulisnya. Kelayakan materi ajar dari ahli materi dan desain memperoleh kriteria sangat baik. perolehan rata-rata dari ahli materi untuk kelayakan isi pada materi ajar memperoleh rata-rata sebesar 88,23%, kemudian hasil dari ahli desain diperoleh rata-rata untuk ukuran materi ajar sebesar 93,75%, Hasil tanggapan guru bahasa indonesia sebanyak dua orang guru diperoleh rata-rata perolehan 97,91% pada kriteria “sangat baik”. Efektifitas hasil produk materi ajar menulis teks Biografi Berbasis Kemampuan Berfikir Aras Tinggi yang diujikan kepada siswa memperoleh rata-rata sebagai berikut ini. untuk uji perorangan rata-rata diperoleh hasil 77,08 dalam kriteria “baik”. uji kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 83,79 pada kriteria “sangat baik” dan uji kelompok lapangan terbatas diperoleh rata-rata 84,22 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji (pretest) sebelum menggunakan produk yang dikembangkan diperoleh rata-rata sebesar 66,62 pada kriteria baik. setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan produk (posttest) yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata sebesar 80,11 pada kriteria “sangat baik”. dengan selisih 13,49%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.803 507 2 Ram p |
Keywords: | Teks Biografi; HOTS; Modul |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA2301 Biography P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 05:15 |
Last Modified: | 29 May 2023 05:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51107 |