Pakpahan, Chyntia Anggreni Br (2022) Pemilihan Bahasa Dalam Transaksi Jual-Beli di Pasar Induk Kelurahan Lauchi Kecamatan Medan Tuntungan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173510005 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2173510005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. NIM 2173510005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM 2173510005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 2173510005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
6. NIM 2173510005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 2173510005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
11. NIM 2173510005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
12. NIM 2173510005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola bahasa pedagang dalam interaksi jual-beli, mendeskripsikan wujud variasi tunggal bahasa, alih kode, dan campur kode dalam interaksi jual-beli, serta mendeskripsikan faktor sosial yang mentukan pilihan bahasa dalam interaksi jual-beli di Pasar Induk Kelurahan Lauchi Kecamatan Medan Tuntungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan sosiolinguistik. Pendekatan metodologisnya adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pedagang yang melakukan transaksi jual beli di pasar Induk. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dan metode cakap. Metode simak memiliki teknik dasar yaitu teknik sadap. Teknik sadap ini memiliki dua teknik lanjutan yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik simak libat cakap . Metode cakap atau lebih dikenal sebagai metode wawancara yang digunakan adalah wawancara semuka dan wawancara terbuka. Hasil analisis data yang berupa temuan penelitian disajikan menggunakan metode formal dan metode informal. Pola bahasa pedagang dalam interaksi jual beli di pasar Induk ditentukan oleh latar belakang sosial pedagang dan pembeli. Peristiwa alih kode yang dilakukan pedagang dapat berupa (1) peralihan dari kode bahasa Indonesia ke kode bahasa Batak dialek Toba, (2) peralihan kode bahasa Indonesia ke bahasa Batak dialek Karo, dan (3) peralihan kode bahasa Batak dialek Karo ke bahasa Indonesia. Wujud campur kode yang dilakukan oleh pedagang di pasar Induk dapat berupa kata dan frasa. Faktor yang menentukan terjadinya pilihan bahasa pedagang dalam interaksi jual beli di pasar Induk adalah (1) situasi tutur, (2) pilihan bahasa pembeli, dan (3) peserta tutur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sosiolinguistik; Pola Bahasa; Wujud Variasi Bahasa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5437 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:50 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50966 |