Bukit, Ayu Anisa (2022) Pengembangan Bahan Ajar Teks Persuasi Berbentuk Leaflet Kelas VIII MTS Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161111006 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 2161111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. NIM 2161111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM 2161111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM 2161111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6. NIM 2161111006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM 2161111006 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 2161111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 2161111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM 2161111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 2161111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks persuasi berbentuk leaflet di kelas VIII MTS Negeri 2 Medan, kemudian Mendeskripsikan kelayakan teks persuasi berbentuk leaflet untuk meningkatkan pembelajaran yang valid dan efektif sesuai dengan persyaratan kelayakan leaflet di MTS Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Develoment) dengan model ADDIE yaitu (1) Analysis (Analysis), (2) Design (Design / Perencanaan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementasi (Implementasi / Ujicoba), (5) Evaluation (Evaluasi). Sampel penelitian ini yaitu 32 peserta didik kelas VII di MTS Negeri 2 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek kevalidan bahan ajar tek persuasi berbentuk Leaflet adalah angket penilaian oleh ahli materi, ahli design, angket respon guru bidang studi bahasa indonesia dan angket respon peserta didik. Hasil bahan ajar teks persuasi berbentuk leaflet di kelas VIII MTS Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021 tergolong kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan rata-rata penilaian dari ahi materi 92,28% (kelayakan isi materi 93,33%, kelayakan penyajian 92,5%, dan kelayakan bahasa 96,00%) dan ahli desain 87,00%. Selanjutnya diperkuat hasil uji coba bahan ajar leaflet pada 32 orang siswa kelas VIII-4 dan siswa dibagi menjadi dua tahap yaitu dari uji coba skala kecil ini adalah memeroleh skor tanggapan sebesar 82,35% yang dikategorikan „sangat baik‟. Kemudian, uji coba skala besar yang dilakukan kepada 32 orang siswa memeroleh skor tanggapan sebesar 93% yang dapat dikategorikan „sangat baik‟. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks persuasi berbentuk leaflet tersebut layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar yang efektif dan inovatif di masa pembelajaran saat ini dan masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan ajar; teks persuasi; leaflet; Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50961 |