Sari, Ayang (2022) Analisis Kesalahan Morfologi Pada Tulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2171111002 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 2171111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2171111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4. NIM 2171111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM 2171111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 2171111002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 2171111002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 2171111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
12. NIM 2171111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
13. NIM 2171111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan morfologi dalam penulisan teks eksplanasi siswa SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks eksplanasi siswa kelas VIII. Jumlah keseluruhan teks yaitu 42 teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Kesalahan dalam tataran morfologi bahasa pada teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Tebing Tinggi teridentifikasi sejumlah 24 kasus yaitu 14 atau 58,33% kesalahan afiksasi, 7 atau 29,16% kesalahan reduplikasi, dan 3 atau 12,5% kesalahan komposisi. Berdasarkan persentasi tersebut dapat dilihat bahwa kesalahan yang dominan pada hasil tulisan siswa ialah pada bidang afiksasi. Sedangkan kesalahan yang paling kecil adalah komposisi. Penyebab dari persentasi yang jauh berbeda tersebut ialah berkaitan erat dengan jumlah kata yang diproduksi siswa. Berhubungan dengan itu, secara keseluruhan data menunjukkan bahwa kesalahan pada tataran morfologi bahasa siswa kelas VIII SMPN 1 Tebing Tinggi berjumlah 0,29% yang terdiri dari afiksasi 0,17%, reduplikasi 0,09%, dan komposisi 0,03%. Hasil persentase tersebut berdasarkan perhitungan jumlah kesalahan tiap bidang morfologi dibagi dengan jumlah kata yang diproduksi kemudian dikali 100. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penilaian kesalahan morfologi siswa termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai 99,71%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Morfologi; Afiksasi; Reduplikasi; Komposisi; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50960 |