Tambunan, Agus Heriyanna Sari (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MEDIA WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113331001 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4113331001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 4113331001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM. 4113331001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
5. NIM. 4113331001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
6. NIM. 4113331001 TABLES.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
7. NIM. 4113331001 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. NIM. 4113331001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 4113331001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
13. NIM. 4113331001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4113331001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study dengan media word square lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak (random), 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,809. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis lesson study dengan media word square dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37 ± 9,75 dan nilai rata-rata post-test adalah 87 ± 7,84 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32 ± 9,08 dan nilai rata-rata post-test adalah 74 ± 8,38. Peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 81% dan 63%. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 9,286 > 1,6671 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis lesson study dengan media word square lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional dan aspek yang terkembangkan adalah C2 (pemahaman) 86,77%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 008 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Lesson Study; Word Square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 23:05 |
Last Modified: | 03 May 2016 23:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5096 |