Rizkiyana, Suti (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif The Power of Two Terhadap Kemampuan Memberikan Tanggapan Siswa Kelas IV SD Negeri 142 Hutabaringin Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111060_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111060_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 1183111060_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 1183111060_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 1183111060_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 1183111060_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 1183111060_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1183111060_BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
12. NIM. 1183111060_BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
13. NIM. 1183111060_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dari strategi
pembelajaran aktif The Power of Two terhadap kemampuan memberikan tanggapan siswa kelas IV SD Negeri 142 Hutabaringin. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Sampel penelitian ini kelas IV – A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV – B sebagai kelas control berjumlah 45 siswa. Instrument atau teknik pengumpulan data penelitian yaitu tes materi pembelajaran essay sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes
tersebut ada 11 soal valid dan 9 soal tidak valid. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
memberikan tanggapan siswa yang dilihat berdasarkan hasil akhir dari tes belajar yang dilaksanakan siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif The Power of Two adalah pretest sebesar 49,83 dan posttest sebesar 74,45 sedangkan kemampuan memberikan tanggapan siswa berdasarkan hasil akhir dari tes belajar yang dilaksanakan siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah
pretest sebesar 49,09 dan posttest sebesar 67,04. Hasil pengujian hipotesis pada taraf
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | The Power of Two; Kemampuan Memberikan Tanggapan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:10 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50940 |