PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2014/2015

Purba, Rizky Yusmalinda (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4112141014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4112141014 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4112141014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4112141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4112141014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4112141014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4112141014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4112141014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4112141014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4112141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4112141014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4112141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4112141014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4112141014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4112141014 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4112141014 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4112141014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4112141014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4112141014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4112141014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4112141014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4112141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruhh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan dan sampel yang diambil secara random sampling sebanyak 72 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil analisis data penelitian diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 83,22 sedangkan Numbered Heads Together (NHT) adalah 80,00. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab (1,94 > 1,67) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar sswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMAN 9 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 006
Keywords: Teori Belajar Modern; Kontruktivisme; Sosial Uygotsky
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 May 2016 17:02
Last Modified: 03 May 2016 17:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item
View Item