Purba, Rizky Yusmalinda (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4112141014 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4112141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM. 4112141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM. 4112141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 4112141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4112141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4112141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4112141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4112141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 4112141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM. 4112141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruhh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan dan sampel yang diambil secara random sampling sebanyak 72 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil analisis data penelitian diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 83,22 sedangkan Numbered Heads Together (NHT) adalah 80,00. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab (1,94 > 1,67) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar sswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMAN 9 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 006 |
Keywords: | Teori Belajar Modern; Kontruktivisme; Sosial Uygotsky |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 17:02 |
Last Modified: | 03 May 2016 17:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5091 |